Sudah Siapkah Menyambut Ramadhan, Baca 7 Persiapan Dulu

3:17 PM
7 Persiapan Jelang Ramadhan
Sudah Siapkah Menyambut Ramadhan, Baca 7 Persiapan Dulu - Tanpa terasa bulan sekarang (dalam kalender Hijirah) sudah memasuki bulan Sya’ban, itu pertanda bahwa bulan depan  kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan penuh pahala dan bulan penuh kebaikan.

Bagaimana pun keadaan kita, apakah kita siap atau tidak siap, maka bulan Ramadhan pastilah akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, karena dengan persiapan tentu saja hasilnya akan lebih baik.

Berbicara tentang persiapan, apa yang mesti kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan. Berikut beberapa persiapan yang harus kita persiapkan, yaitu:

1. Kenali Ramadhan dengan baik
Tak kenal maka tak sayang. Hendaknya sebelum memasuki ramadhan kita mengetahui keutamaan-keutamaan ramadhan, sehingga kita memiliki semangat untuk beramal di bulan ramadhan.

2. Perbaiki hubungan dengan Allah melalui taubat nashuha
Manusia adalah hamba yang tidak pernah luput dari kesalahan. Bertaubat adalah satu-satunya jalan untuk meraih ridhoNya. Bertaubatlah setiap saat dan bertaubatlah walaupun dosa kita sebesar gunung, Allah maha pengampun Insya Allah diampuni dosa kita.

3. Perbaiki hubungan dengan sesama
Dalam hidup bermasyarakat, terkadang hati berprasangka buruk terhadap tetangga, rekan kerja, saudara kandung, istri suami dan mertua dan saudara-saudara lainnya, lidah terkadang salah berucap sehingga menyakiti hati manusia lainnya baik sengaja ataupun tidak. Bermaafan adalah cara memperbaiki hubungan dengan manusia, legowo mengakui kesalahan dan memaafkan kesalahan orang lain.

4. Siapkan Al-Quran
AlQuran adalah kalam Illahi, membacanya akan memperoleh pahala. 1 huruf alquran dibalas 10 kebaikan. Bagaimana untuk membaca AlQuran, AlQuran saja kita tidak punya, maka penting memiliki Al-Quran.

5. Bayar hutang puasa tahun lalu
Punya hutang puasa yang belum lunas? maka bayarlah hutang puasa anda pada bulan sya'ban.

6. Siapkan budget lebih untuk sedekah puasa
Kebanyakan saudara kita menyiapkan budget lebih untuk menu buka puasa, alangkah baiknya kita siapkan juga budget lebih untuk sedekah di bulan puasa.

7. Jaga kesehatan, karena puasa dan Qiyamul Lail membutuhkan kesehatan fisik.

Video  Persiapan Sambut Ramadhan



Demikian 7 Persiapan Jelang Ramadhan, semoga menambah ilmu. iman dan amal sholeh kita. Siap amalkan dan sampaikan. Insya Allah 👳
Previous
Next Post »
0 Komentar